Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung

Selasa, 26 September 2023
Translate :

Berita

Ratusan Satwa Burung Kembali Gagal Diselundupkan ke Pulau Jawa

Bakauheni - Karantina Pertanian Lampung bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Bakauheni dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Seksi Wilayah III Lampung, kembali menggagalkan upaya penyelundupan ratusan ekor satwa jenis burung. Rencananya satwa ini akan diseberangkan ke Pulau Jawa.

Aksi pelaku penyelundupan satwa ini diketahui oleh petugas. Saat itu petugas sedang melakukan pengawasan rutin bersama di kawasan Pelabuhan Bakauheni, Kamis (24/11).

Saat melakukan pemeriksaan terhadap bus antar provinsi, petugas gabungan menemukan berbagai jenis burung yang dikemas dalam beberapa kardus dengan ventilasi minim.

"Saat dikonfirmasi oleh petugas terkait dokumen kesehatan yang menyertai satwa tersebut, ternyata sopir bus tidak dapat menunjukannya. Ia mengaku hanya mendapatkan titipan barang tersebut untuk dibawa ke Gambir, Jakarta Pusat," kata pejabat karantina Wilayah Kerja Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

"Petugas langsung menahan satwa tersebut. Setelah diidentifikasi lebih lanjut burung- burung tersebut terdiri dari jenis burung engkek 1 ekor, cililin 3 ekor, kinoi (cucak daun sayap biru) 30 ekor, cucak ijo mini 18 ekor, cucak ijo 14 ekor, cucak ranting 12 ekor, cucak kopi 6 ekor, gelatik 4 ekor, dan cucak jenggot 16 ekor. Total keseluruhan burung tersebut sebanyak 104 ekor," jelasnya.

"Menurut aturan perkarantinaan, pelaku telah melanggar UU No.21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan," tambahnya lagi.

Setelah dilakukan penahanan, satwa tersebut langsung diserahterimakan ke BKSDA. Pada hari Sabtu (26/11), satwa burung tersebut dilepasliarkan ke habitat asalnya (KarantinaPertanianLampung/Sur).

Bagikan Kiriman Ini :